Minggu, 25 September 2016

Tips Memasak Cumi

Anda suka kuliner seafood? Nah kalau anda suka pasti anda pernah mencicipi makan seafood yang satu ini, yaitu cumi. Apabila pandai cara memasaknya cumi ini bisa menjadi menu yang istimewa. Membersihkan serta memasak cumi memang gampang gampang susah. Namun jangan khawatir, berikut ini akan saya sampaikan bagaimana memilih, membersihkan serta memasak cumi agar menjadi sajian istimewa menu makan keluarga anda.

Tips memilih cumi-cumi segar
Cumi-cumi  kecil biasanya berwarna keunguan dan bertitik-titik hitam, sedang cumi-cumi ukuran besar (hingga 20 cm) biasanya berwarna putih dengan sedikit titik-titik hitam. Pilihlah cumi yang badannya kenyal, mengkilap dan tampak segar. Cumi sudah terlihat layu dan tidak mengkilap lagi biasanya sudah hampir tidak baik bahkan sudah hampir busuk.



Ukuran cumi akan menjadi lebih kecil setelah dimasak, oleh sebab itu anda perlu menghitungnya saat membeli agar anda tidak kecewa apabila satu kilogram cumi hanya menjadi satu porsi saja.
Tips membersihkan cumi
Pertama-tama pisahkan antara badan dan kepala cumi dengan menariknya secara perlahan-lahan. Buang kantong tinta yang terdapat di bawah rahang dengan menggunakan pisau. Hati-hati karena jika tidak bisa saja kantong tinta ini akan pecah dan penampilan hidangan cumi anda akan terlihat jelek. Meskipun sebenarnya kantong tinta ini bisa saja diolah bahkan rasanya akan lebih gurih. Masukkan telunjuk kedalam tubuh cumi kemudian tarik untuk mengeluarkan kotoran yang biasanya berbentuk bulatan-bulatan kecil. Tarik tulang rawan berbentuk perisai pipih berwarna bening ditengah punggung cumi.
Bersihkan cumi dibawah air yang mengalir hingga bersih. Masukkan kepala cumi kedalam badan masing-masing secara terbalik.

Tips Memasak cumi
Cumi yang telah dimasak bersih dimasukkan ke dalam wajan. Masukkan gula pasir dan sedikit garam. Nyalakan kompor dengan api kecil dan tutup wajan hingga cumi akan mengeluarkan air. Setelah air menjadi surut, tuangkan minyak goreng dan bolak balik hingga airnya benar benar kering. Setelah airnya kering anda bisa membumbuinya sesuai selera.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar